Selasa, 25 Desember 2012

Manchester United, Klub Terkaya Di Dunia Versi Forbes


Manchester United F.C. (biasa disingkat Man Utd, Man United atau hanya MU) adalah sebuah klub sepak bola papan atas di Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester. Klub ini dibentuk sebagai Newton Heath L&YR F.C. pada 1878 sebagai tim sepak bola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath, namun pada tahun 1902 namanya berganti menjadi Manchester United. 
Klub sepak bola papan atas di Inggris ini adalah salah satu klub terbaik didunia. Sejak musim 86-87, mereka telah meraih 22 trofi besar - jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara klub-klub Liga Utama Inggris. Mereka telah memenangi 19 trofi juara Liga Utama Inggris (termasuk saat masih disebut Divisi Satu). Pada tahun 1968, mereka menjadi tim Inggris pertama yang berhasil memenangi Liga Champions Eropa, setelah mengalahkan S.L. Benfica 4–1, dan mereka memenangi Liga Champions Eropa untuk kedua kalinya pada tahun 1999 dan sekali lagi pada tahun 2008 setelah mengalahkan Chelsea F.C. di final. Mereka juga memegang rekor memenangi Piala FA sebanyak 11 kali. Pada 2008, mereka menjadi klub Inggris pertama dan klub Eropa kedua yang berhasil menjadi Juara Dunia Antarklub FIFA. Dan tidak hanya itu saja, kini raksasa Liga Primer Inggris ini kembali mendapatkan status sebagai klub terkaya di dunia menurut versi majalah ternama, Forbes. 
 The Red Devils mengalami peningkatan pendapatan sebesar 20 persen dibandingkan musim lalu. Kini, mereka dikabarkan mencapai kekayaan sebesar 2,24 juta dollar AS (€1,7 juta). Sedangkan posisi kedua dipegang Real Madrid dengan kekayaan sebesar 1,88 juta dollar AS (€1,43 juta), mengalami peningkatan sebesar 29 persen. Posisi ketiga ditempati Barcelona dengan kekayaan 1,31 juta dollar AS (€998 juta), naik 34 persen.

Apa alasan United bisa menjadi yang terkaya? Laporan dari Forbes.com menyebutkan: "Basis fans Manchester United dari 330 juta juga membantu mereka menjadi klub paling bernilai di berbagai cabang olahraga. Mereka bahkan unggul 385 juta dollar AS (€293 juta) dari tim Major League Baseball, New York Yankees, dan Dallas Cowboys dari National Football League.

Selain itu ManUnited juga mendapat banyak keuntungan dari kesepakatan baru yang berdurasi 4 tahun dengan DHL Express seharga US$62 juta (sekitar Rp 587 miliar) per tahun untuk memasang logo di jersey latihan Rio Ferdinand dan kawan-kawan. Kerjasama seperti ini merupakan kali pertama terjadi di sepakbola Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar