Selasa, 25 Desember 2012

Kenakalan anak remaja



Seperti yang kita ketahui kenakalan anak remaja semakin hari semakin menjadi saja. Banyak kenakalan yang di lakukan oleh mereka untuk melampiasakan hasratnya. Mulai dari yang membahayakan diri maupun yang tidak membahayakan diri. Kenakalan anak remaja cenderung terjadi pada anak SMA. Mereka yang sedang berusia lanjut ingin mencoba hal baru dan mengetahuinya.
Menurut  Kartono, ilmuwan sosiologi “Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.
Sedangkan menurut Santrock Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”

Untuk mengatasi kenakalan anak remaja banyak cara yang dilakukan. Agar generasi muda lebih baik dan tidak terjerumus ke dalam hal yang negative. Tidak mudah mewujudkan anak remaja agar tidak terjerumus butuh peroses untuk mewujudkannya. Ada pihak yang harus terlibat seperti orang tuanya sendiri. Orang tua harus memberikan pendidikan dasar telebih dahulu. Dengan memberi pendidikan kemana saja anak pergi ia akan selalu ingat pesan orang tua dan dapat  menjaga dirinya sendiri. Pendidikan dasar adalah sebuah dasar pendidikan pergaulan yang mudah diingat serta di laksanakan oleh anak. Anak akan menjadi mandiri dan dapat dipercaya, karena dirinya sendirilah yang akan mengendalikan dirinya. Selama seseorang masih memerlukan pihak lain untuk mengendalikan dirinya sendiri. Selama itu pula ia akan berpotensi melanggar peraturan bila si pengendali tidak berada di dekatnya.
Contoh kenakalan remaja zaman sekarang :
-          Bolos sekolah
Sudah menjadi tradisi anak sekolah bolos dari sekola dikarenakan banyak hal sebagai contohnya : mereka belum mengerjakan PR, males untuk bertemu dengan guru tersebut, atau mengikuti temannya karena kalau tidak bolos akan di ejek. Ini biasanya dilakukan tidak hanya siswa saja bahkan siswi pun melakukannya.
-          MIRAS dan rokok
Kenakalan yang satu ini cenderung dilakukan oleh siswa saja karena jika tidak melakukannya banyak teman sebaya mereka yang mengejeknya kalo tidak kenal rokok dan miras tidak gaul. Padahal kalau kita liat tanpa mengenal itu semua mereka sudah gaul. Banyak siswa yang berependapat salah tentang hal ini.
-          Free sex
Kebudayaan barat yang datang ke Indonesia membawa dampak negative yang besar bagi remaja zaman sekarang. Mulai dari cara berpakaian orang barat yang ditiru oleh orang Indonesia bahkan sampai budaya free sexnya pun yang sekarang sudah mulai di tiru. Anak muda zaman sekarang tidak segan lagi walaupun di sekelilingnya ramai mereka asik berpegangan tangan bahkan samapi ciuman pun mereka sudah menganggapnya suatu hal yang biasa dilakukan ketika mereka sedang berpacaran.
Padahal jelas dalam agama kalau pacaran itu dosa apalagi sampai berpegangan tangan dan ciuman di sembarangan tempat. Sebaiknnya kalau mereka pacaran harus mengikuti aturan lingkungan setempat harus bisa jaga jarak dan jaga diri agar tidak terjerumus melakukan seks bebas, karena selain tidak diperbolehkan seks bebas itu berbahaya bagi yang melakukannya. Cintailah badan kita sendiri agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan dunia malam.
-          Tawuran
Akhir-akhir ini sering terjadi tawuran pelajar dimana-mana kurangnya akhlak sopan santun etika yang mereka punya membuat mereka bertindak seenaknya dan semaunya sendiri saja. Kurangnya perhatian dari orang tuanya pun menjadikan salah satu mengapa anak tersebut bisa terlibat dalam tawuran. Dari pihak sekolah seharusnya lebih menanamkan lag sikap saling menghargai antara satu sengan yang lainnya. Agar parah siswa mngerti dan tidak melakukan hal tersebut. Orang tua pun turut aktif dalam keadaan anaknya tidak masa bodo saja terhadap apa yang dilakukan oleh si anak tersebut.
Jelas tawuran itu tidak boleh karena dapat merusak nama baik sekolah dan juga membahayakan diri sendiri. Cintailah diri sendiri dan berfikirlah dewasa.
Jadilah murid-murid yang memiliki budi pekerti baik.

Cara mengatasi kenakalan remaja :
·  Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
·  Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
·  Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
·  Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.


 

1 komentar:

  1. artikelnya sangat bagus, memang kenakalan remaja di sekolah menjadi polemik kita bersama guru di sekolah maupun orang tua, dan tidak mungkin juga kenakalan anak didik berpengaruh untuk masa depannya,
    kebetulan kami punya solusi untuk meminimalisir kenakalan remaja yu kunjungi website kami di ABSENSI SISWA

    BalasHapus