Selasa, 25 Desember 2012

Belajar Gitar Hal yang Mengasyikkan



Seringkali ketika kita melihat orang menyanyikan lagu dengan alat musik gitar, timbul rasa ingin memainkannya juga. Namun apa daya jika kita tak dapat memainkannya,hanya bisa melihat,bernyanyi dan berangan-angan kita dapat memainkannya. Melihat orang bermain gitar adalah hal yang menarik, dapat juga menghilangkan stress dari berbagai persoalan.

Bagi orang yang tidak bisa bermain gitar, bermain gitar dalah hal yang sulit untuk dilakukan,karena banyak yang berpikir kalau bermain gitar itu memerlukan waktu yang lama agar dapat mahir . Itu merupakan pemikiran yang salah, karena jika kita mau sungguh-sungguh dan terus berlatih, maka dengan cepat juga kita akan mahir dalam bermain gitar.

Bermain gitar biasanya dilakukan pada waktu luang. Pada saat kumpul dengan teman, perayaan tahun baru, pesta ulang tahun, atau kegiatan-kegiatan yang mengandung kesenian,seperti audisi band,tarian, dan sebagainya.

Bagi sebagian orang yang menyenangi musik,tentu gitar adalah alat musik yang praktis,  mudah dibawa, dimainkan di mana saja. Namun ada sebagian orang yang menyenangi musik, apa daya belum bisa memainkan gitar. Hal ini tidaklah sulit, karena dengan belajar bermain gitar, maka tentu kita akan mahir dalam bermain gitar.

Pada saat  kita ingin belajar bermain gitar, tentu kita harus mengikuti langkah-langkah yang tepat agar dapat mahir dalm bermain gitar.  Berikut ini langkah-langkah yang dapat dijadikan standar dalam belajar gitar;

Pertama, ambil gitar anda, usahakan gitar dalam kondisi baik,tidak ada yang rusak bagiannya. Pemilihan gitar tentu berpengengaruh pada proses pembelajaran. Gitar yang berkualitas baik ditandai dengan suara yang jernih dan kuat bunyinya ketika dimainkan, bagian neck gitar tidak terdapat cacat, jarak antar fret tidak lebar.Kemudian, ketika anda memegang gitar tersebut,usahakan senyaman mungkin.

Kedua, stem/atur gitar dengan memutar klop yang terdapat pada neck gitar. Stem gitar adalah hal yang penting jika anda ingin bermain gitar, karena fungsinya adalah menyesuaikan nada gitar sesuai dengan lagu yang ingin dimainkan. Kalau anda belum bisa menyetem gitar, mintalah bantuan teman terdekat, keluarga ataupun orang yang mampu menyetem gitar.

Ketiga, mulailah belajar bermain gitar. Belajar gitar bisa dengan teman,kerabat, ataupun buku panduan dalam bermain gitar, Sekarang ini banyak dijual buku-buku tentang cara bermain gitar, Mulailah belajar dengan dengan kunci-kunci dasar, seperti mayor dan minor. Mayor, seperti kunci C-D-E-F-G-A-B dan minor seperti Cm-Dm-Em-Fm-Gm-Am-Bm.  Jika anda sudah menguasainya, barulah anda mengembangkan permainan gitar anda ke tahap yang lebih sulit.

Keempat, belajar teknik picking dan fingering. Jika anda sudah mampu menguasai kunci-kunci dasar gitar, maka anda perlu belajar 2 teknik tersebut. Picking adalah teknik memetik gitar dengan empat jari. Picking ini wajib bagi anda yang ingin lebih meningkatkan kemampuan anda dalam bermain gitar. Ada banyak teknik dalam picking,salah satunya adalah teknik apoyando.  Sedangkan fingering, adalah teknik memainkan melodi gitar dengan jari-jari. Teknik ini penting jika anda ingin memainkan suatu melodi dalam gitar. Jika sudah menguasai 2 teknik tersebut, maka bisa mengiringi lagu sesuai aslinya Teknik ini bisa dipelajari melaui buku gitar,teman atau tempat les gitar.

Kelima, latihan terus menerus. Jangan pernah puas jika anda sudah mampu bermain gitar . Seperti halnya dengan pisau, jika anda tak memainkan gitar dalam waktu lama, maka anda akan lupa memainkannya.

Jadi, tak perlu malas untuk belajar gitar. Bermain gitar adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika sudah mahir memainkannya. Let’s start playing your guitar, and make  your everyday happiness!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar