Selasa, 25 Desember 2012

AKB48 “IDOL GROUP TERBESAR DI DUNIA”


AKB48 merupakan salah satu grup idola terbesar didunia yang berbasis di Jepang. Nama AKB48 diambil dari Akihabara, sebuah area di Tokyo dimana para anggotanya mempunyai sebuah teater sendiri. AKB48 diproduseri oleh Yasushi Akimoto yang juga merupakan pembuat lirik untuk setiap lagu AKB48. Konsep AKB48 yaitu “idola yang dapat kamu temui” ini berbeda dari grup idola lainnya, dikarenakan setiap hari para penggemar bisa bertemu idolanya tidak hanya lewat televisi saja. 

AKB48 juga pemegang Guinness World Record sebagai grup pop terbesar di dunia.Saat ini grup ini memiliki anggota sebanyak 67 orang, yang terbagi menjadi tiga subgrup: Tim A 22 anggota; Tim K 22 anggota; dan Tim B dengan 23 anggota. Grup ini juga mencakup sejumlah anggota harapan, yang disebut "kenkyūsei" (siswi pelatihan).  

Yasushi Akimoto juga mengembangkan konsep grup idola berbasis teater ke kota lainnya di Jepang, dan bahkan hingga ke luar Jepang. Ia membentuk SKE48 (berbasis di teaternya di Sakae, Nagoya), SDN48 (dibentuk untuk memberikan sosok idola yang lebih dewasa), NMB48 (Namba, Osaka), HKT48 (Hakata, Fukuoka), JKT48 (Jakarta, Indonesia), TPE48 (Taipei, Taiwan), SNH48 (Shanghai, Cina). Di samping itu ia membentuk grup Nogizaka46, yang diumumkan sebagai rival resmi AKB48.

Dengan jumlah anggota yang banyak, yang tidak tampil dalam satu panggung secara bersamaan, AKB48 perlu beberapa metode pemilihan untuk menentukan siapa yang akan ikut dalam rekaman singel dan menampilkannya di televisi. Sejauh ini, ada dua macam pemilihan yang dilakukan secara berkala. Anggota terkemuka ditentukan oleh para penggemar melalui suatu "pemilihan umum" (sōsenkyo dalam bahasa Jepang) dengan cara membeli singel grup tersebut yang langsung berisi satu tiket untuk memberikan suara pada satu anggota. Cara lainnya dilakukan dengan turnamen batu-kertas-gunting antar anggota.
Anggota AKB48 adalah para gadis dalam rentang usia 14 sampai 20 tahun ke atas. Mereka direkrut melalui audisi yang diselenggarakan secara berkala di Jepang.Anggota grup tersebut tidak diizinkan untuk berpacaran, dan harus berkelakuan baik. Jika berkelakuan buruk, mereka dapat dikeluarkan dari grup tersebut. Saat usia anggotanya sudah cukup dewasa, mereka "lulus" dari grup tersebut dan digantikan oleh anggota baru.

Pada tahun 2012 “Ace” AKB48, Maeda Atsuko keluar dari grup. Ini cukup membuat shock para anggota dan juga para fans. Maeda Atsuko yang sering dipanggil Acchan merupakan seorang center (posisi yang berada ditengah) dan merupakan seseorang yang memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu, Yasushi Akimoto membuat perpindahan dan merombak anggota secara besar-besaran. Dalam perombakan tersebut 4 anggota AKB48 dipindahkan ke sister grupnya, seperti Takajo Aki dan Nakagawa Haruka sementara berada di JKT48 (Jakarta, Indonesia), Miyazawa Sae dan Suzuki Mariya berada di SNH48 (Shanghai, Cina). Dan beberapa anggota dari sister AKB48 bergabung dalam 2 grup yang berbeda dalam waktu yang sama, seperti Matsui Jurina (SKE48 dan AKB48 Tim K), Kitahara Rie (AKB48 Tim K dan SKE48), Yokoyama Yui (AKB48 Tim A dan NMB48), Watanabe Miyuki (AKB48 Tim B dan NMB48), Ishida Anna (SKE48 dan AKB48 Tim B), dan Kotani Riho (AKB48 Tim A dan NMB48).

Sampai saat ini AKB48 mempunyai 4 studio album, 12 live album, 29 singles, dan 93 music video. Penjualan AKB48 melonjak pada tahun 2010 dengan “Heavy Rotation” dan penjualan tertinggi AKB48 pada tahun 2012 dengan “Manatsu no Sounds Good”.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar