Senin, 24 Desember 2012

Bahaya Permanen Sifat Egois,

-->
Bahaya Permanen Sifat Egois
OLEH: Nova Saputra (2915126487)
Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia egois diartikan sebagai  ‘orang yang selalu mementingkan diri sendiri; hal atau keadaan mementingkan diri sendiri; serta tingkah laku yang didasarkan atas dorongan untuk keuntungan diri sendiri untuk kesejahteraan orang lain’. (Tim Penyusun, 1990:219)
Egois adalah sikap mementingkan diri sendiri di atas kepentingan orang lain tanpa batas. Pada dasarnya orang yang egois memiliki sifat serakah meskipun tidak selalu nampak serakah. Orang egois sebetulnya menyimpan ketakutan dan kekhawatiran. Apa yang dia khwatirkan? Dia khawatir apa yang menjadi miliknya atau haknya akan hilang maka dari itulah dia tidak rela kehilangan sedikitpun yang sudah menjadi miliknya. Orang egois biasanya hanya memperdulikan dirinya sendiri. Pada umumnya mereka relatif mandiri dan tidak terpengaruh oleh lingkungannya . Persepektif mereka terbatas pada kepedulian akan kegiatan atau kebutuhan pribadinya.
Sifat egois muncul dikarenakan perlakuan yang telah ia terima selama ini yang dimulai dari lingkungan yang paling dekat dengannya, terutama lingkungan keluarga maupun masyarakat dimana ia tinggal. Misalnya biasa dimanja, segala macam permintaan dituruti, tidak pernah disalahkan walupun ia salah, orang seperti ini ewaktu dewasa cenderung akan menuntut perlakuan yang sama pada semua orang. Sifat egoispun dapat muncul pada orang yang kurang akan kasih sayang, misalnya orang-orang yang broken home , kelaparan emosional, kelaparan finansial maupun mereka yang kelaparan jasmaniah. Sifat egois timbul karena adanya harta dan ilmu pengetahuan.
Ciri-ciri orang yang memiliki sifat egois cenderung berpikir bahwa dirinya lah yang terbaik dibandingkan orang lain. Mengatakan kepada orang lain egois padahal dirinya lah yang egois. Dengan mengatakan seperti itu, tentunya membuat orang lain jatuh kedudukannya hingga membuat anda merasa lebih baik. Dan tidak mementingkan orang lain, ketika orang lain membutuhkan bantuan anda, anda tak mau membantu.
Beberapa BAHAYA HASAD:
1. Merupakan sifat orang yahudi yang dilaknat Allah, siapa yang memilikinya, berarti menyerupai mereka.
2. Orang yang memiliki sifat hasad tidak dapat menyempurnakan imannya, sebab ia tidak akan dapat mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.
3. Ada dalam sifat hasad ini ketidaksukaan terhadap takdir yang Allah berikan kepadanya.
4. Setiap orang lain mendapatkan kenikmatan, semakin besar dan kuat api hasad dalam dirinya, sehingga ia selalu penasaran dan duka serta hatinya terbakar api hasad tersebut.
5. Menimbulkan sifat egois yang tinggi dan tidak menyukai kebaikan pada orang lain.
6. Hasad memakan dan melumat kebaikan yang dimilikinya.
7. Menyusahkan diri sendiri, sebab ia tidak mampu mengubah taqdir.
8. Hasad mencegah pemiliknya dari berbuat kebaikan dan kemanfaatan.
9. Hasad dapat memecah persatuan, kesatuan, dan persaudaraan kaum muslimin.
10.Hidupnya tidak akan pernah tenang dan tentram, apalagi bahagia. Selalu dalam keadaan gundah gulana dan resah melihat orang lain lebih darinya.( http://peperonity.com/go/sites/mview/syahrinnoor/13968794)
...Say No To EGOIS...
...STOP EGOISME...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar